Mekanisme Pasar, Permintaan, Penawaran dan Keseimbangan


Mekanisme Pasar, Permintaan, Penawaran dan Keseimbangan

A. Mekanisme Pasar

Pemikiran Adam smith dikembangkan oleh Jean Baptiste Say, Thomas Malthus dan David Richardo, terbentuklah sebuah pemikiran tentang pasar. Pasar dalam pengertian ilmu ekonomi yaitu pertemuan permintaan dan penawaran.  Dan mekanisme pasar sendiri yaitu proses penentuan tingkat harga berdasarkan kekuatan permintaan dan penawaran.

B. Permintaan

Permintaan (demand) yaitu keinginan konsumen membeli suatu barang pada berbagai tingkat harga selama periode waktu tertentu.

Factor-faktor yang mempengaruhi permintaan:

  1. Harga barang itu sendiri
    Jika harga suatu barang murah, maka permintaan terhadap suatu barang tersebut akan semakin bertambah dan sebaliknya.
    Sesuai dengan Hukum Permintaan :”Bila harga suatu barang naik, ceteris paribus, maka jumlah barang yang diminta akan berkurang, dan sebaliknya.”
  2. Harga barang lain yang terkait
    Ada 2 macam sifat barang yaitu:
    Bersifat Substitusi (Pengganti)Misalkan : kopi, teh, susu. Jika kopi mengalami kenaikan harga maka sebagai baranggantinya yaitu teh dan susu yang harganya masih setabil.
    Bersifat Komplemen (Penggenap/ berkaitan)Misalkan : kopi dan gula kaitannya sangat begitu erat jika harga kopi naik maka harga gula akan menurun atau setabil. Karena kopi dan gula saling membutuhkan secara bersama-sama. Terkecuali harga kopi dengan harga mesin cuci kedua-duanya tidak termasuk substitusi maupun komplemen.
  3. Tingkat pendapatan per kapita
    Tingkat pendapatan per kapita mencerminkan daya beli, makin tinggi tingkat pendapatan maka daya beli masyarakat semakin meningkat sehingga permintaan terhadap suatu barang semakin bertambah.
  4. Selera atau kebiasaan
    Misalkan: harga beras di irian jaya dengan Jakarta, walaupun sama-sama harganya tetap saja beras di Jakarta banyak peminatnya dan di irian jaya sendiri kurang peminatnya karena mereka lebih suka mengkonsumsi gandum daripada beras.
  5. Jumlah penduduk
    Missal: beras itu akan bertambah jika masyarakat / jumlah penduduk semakin meningkat karna beras itu sebagai salah satu bahan poko.
  6. Perkiraan harga di masa mendatang
    Kita harus mempunyai prediksi, bahwa harga beras sekarang dengan harga beras minggu depan itu akan naik, maka dari sekarang berbondong-bondong membeli beras dengan harga yang akan dating.
  7. Distribusi pendapatan
  8. Usaha-usaha produsen meningkatkan penjualan
    Yaitu dengan cara mempromosikan lewat berbagai macam media baik itu media cetak, elektronik maupun yang lainnya.

Fungsi Permintaan yaitu hubungan antara harga suatu barang dengan tingkat permintaan barang tersebut: missal Qd=100-10P.
Dimana Qd= Permintaan Beras (dalam satuan ribuan ton) dan P= harga beras per kilogram (dalam rupiah).

C. Penawaran

Penawaran yaitu jumlah barang yang produsen ingin tawarkan (jual) pada berbagai tingkat harga selama satu periode tertentu.

Factor-faktor yang mempengaruhi penawaran yaitu:

  1. Harga barang itu sendiri
    Hukum penawaran: “semakin tinggi harga suatu barang, ceteris paribus, semakin banyak jumlah barang tersebut yang ingin ditawarkan oleh penjual dan sebaliknya”
  2. Harga barang lain yang terkait
    Apabila harga barang subsitusi naik, maka penawaran suatu barang akan bertambah, dan sebaliknya.
    Sementara untuk harga barang komplemen naik, maka penawaran suatu barang berkurang dan sebaliknya.
  3. Harga factor produksi
    Apabila tingkat laba suatu industry tidak menarik lagi, mereka akan pindah ke industry lain dan hal ini akan mengakibatkan berkurangnya penawaran barang.
  4. Biaya produksi
    Bila biaya produksi meningkat maka produsen akan mengurangi hasil produksinya , berarti penawaran barang itu berkurang.
  5. Teknologi produksi
    Dengan kemajuan teknologi menyebabkan penurunan biaya produksi, dan menciptakan barang-barang baru.
  6. Jumlah pedagang /penjual
    Apabila penjual suatu produk tertentu semakin banyak, maka penawaran barang tersebut akan bertambah.
  7. Tujuan perusahaan
    Tujuan perusahaan secara teori yaitu memaksimumkan laba, bukan memaksimumkan hasil produksinya.
  8. Kebijakan pemerintah
    Salah satu kebijakan pemerintah yaitu mengurangi impor, melainkan meningkatkan ekspor.

Fungsi penawaran yaitu penawaran yang dinyatakan dalam hubungan matematis dengan factor-faktor yang mempengaruhinya. Misalkan fungsi penawaran motor Qs= -89 +  4P dimana Qs= jumlah motor yang ditawarkan (ribu unit) pertahun dan P= harga motor per unit (puluhan juta rupiah per unit).

D. Keseimbangan

Harga keseimbangan (Equilibrium) yaitu harga dimana baik konsumen maupun produsen sama-sama tidak ingin menambah atau mengurangi jumlah yang dikonsumsi dan dijual. Yaitu permintaan sama dengan penawaran

Misalkan :

Permintaan  : Qd= 200-10P

Penawaran : Qs= -40+5P

Dimana : Qd, Qs = ribu unit pertahun dan P= puluhan juta rupiah per unit

Jawaban:

Keseimbangan pasar:

Qd = Qs

200-10P = -40+5P

200 + 40 = 5P + 10P (pindah posisi sesuai dengan persamaannya)

240 = 15P

P = 240/15 (pindah posisi untuk menentukan nilai P)

P= 16

Maka akan kita masukan nilai P nya pada tiap persamaan baik itu Qd maupun Qs

Qd = 200-10(16)= 40

Dan

Qs= -40+5(16)= 40

Kesimpulannya adalah pada saat harga mobil (P) Rp. 160 juta per unit, maka saat itulah jumlah permintaan sama dengan jumlah penawaran yaitu 40.000 unit mobil pertahun.

Perihal

Pingin selalu dekat kepada yang maha kuasa

Tagged with: , , , , , , ,
Ditulis dalam ARTIKEL, Ekonomi

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Bersama Lebih Baik
KALENDER
Juli 2013
S S R K J S M
« Jun   Agu »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
Arsip Negara
Follow me on Twitter
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.613 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: